Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kelebihan Dan Kekurangan Ac bagi Kesehatan


SERVICE AC PELITA TEKNIK JAKARTA SELATAN

Kali ini kami PELITA TEKNIK mengulas tentang baik, buruknya Ac bagi kesehatan. Hal ini kami lakukan karena mengigat semakin banyaknya pengguna Ac, tapi kebanyakan pengguna Ac belum tahu manfaat serta kerugian menggunakan Ac.

Air Conditioner(AC) hakikatnya adalah pengatur suhu udara yang biasanya dibutuhkan untuk mendinginkan ruangan, dan membuat kondisi udara di ruangan terasa nyaman. AC di ciptakan untuk mengatur suhu dan kelembapan di dalam ruangan. Kita awali dengan sejarah penemuan Ac.

Penemuan AC

AC yang saat ini dijual di pasaran sudah termasuk dalam kategori barang berteknologi modern. Peralatan moder ini di temukan oleh Wills Haviland Carier pada tahun 1902. Sejatinya konsep pendingan ruangan sudah ada sejak zaman romawi kuno, namun menggunakan teknik sangat sederhana, yaitu dengan cara mengaliran air pada dinding-dinding rumah. AC memang banyak manfaatnya untuk mendukung terciptanya kondisi ruangan nyaman sehingga akan mendukung kondusifitas dari aktivitas kita di dalam ruangan tersebut.

Air Conditioning pendingin ruangan atau lebih kita kenal dengan AC, tidak hanya berguna untuk membantu menjaga suhu ruangan agar tetap konstan, tetapi juga bisa meningkatkan kualitas udara dalam ruangan juga bermanfaat mengurangi gejala asma serta alergi.  AC sekarang telah menjadi sebuah peralatan penting bagi rumah khususnya daerah perkotaan, terutama untuk mengalahkan hawa panas terik saat dimusim panas. Tidak hanya merubah hawa panas menjadi sejuk, tetapi AC juga dapat meningkatkan kualitas udara dalam ruangan. Namun AC bisa menimbulkan beberapa risiko bagi kesehatan, terutama jika tidak dirawat dan dibersihkan dengan benar. Di sisi lain, AC dengan perawatan rutin bisa memberikan beberapa manfaat kesehatan pun sebaliknya. Mari kita ungkap lebih banyak tentang manfaat dan risiko AC untuk kesehatan berikut dalam artikel ini:


Manfaat Air Conditioner (AC) Bagi Kesehatan

Melindungi dari panas dan dehidrasi

Panas  berlebihan dapat menyebabkan stroke panas, di mana tubuh tidak dapat mengatur suhu dengan baik. Jika tidak segera diobati, stroke panas ini dapat merusak otak dan organ vital lainnya. AC bisa membantu mencegah terjadinya stroke panas dengan jalan menurunkan suhu udara.

Dehidrasi adalah Kondisi tubuh dalam keadaan kekurangan cairan, ini bisa disebabkan karena husu pana berlebih. Tingginya suhu udara membuat tubuh Berkeringat, keringat berlebihan karena suhu tinggi dapat menyebabkan dehidrasi, jika cairan tubuh tidak diisi ulang dengan baik. AC bisa meminimalkan risiko dehidrasi dengan cara mengurangi keringat dan kehilangan banyak cairan.

Meningkatkan Produktivitas

Panas ekstrim bisa menimbulkan efek negatif pada aktivitas fisik dan kecerdasan. Dengan adanya Ac, maka akan meninghkatkat produktivitas kerja. AC akan meningkatkan kinerja dengan menyediakan lingkungan kerja sejuk dan nyaman. Selanjutnya, dapat membantu Anda untuk bisa tidur dengan nyaman, dan dengan demikian terhindar dari kelelahan serta masalah lain terkait dengan kurang tidur.

Meningkatkan Kualitas Udara dalam ruangan

AC membantu meningkatkan kualitas udara dalam ruangan secara signifikan. AC pada umumnya dapat menyaring debu, serbuk sari, dan alergen dari lingkungan lainnya. Selain itu Ac juga akan mengontrol pertumbuhan jamur, lumut dengan cara mengurangi tingkat kelembaban. Di daerah dengan kualitas udara buruk, AC dapat menciptakan suasana bersih dan sehat.

Membantu Mengurangi Asma dan Alergi

AC menyaring dan mensterilkan udara, sehingga dapat membantu mengurangi asma dan alergi dengan cara menghilangkan debu serta serbuk sari Ac juga menghambat pertumbuhan jamur dan lumut. Paparan spora jamur merupakan salah satu faktor utama penyebab meningkatknya risiko reaksi alergi, asma, serta masalah masalah pernafasan lainnya. Gunakan AC dirumah dengan jendela tertutup, agar bisa membantu mencegah masuknya debu, bakteri , serta alergen lingkungan. Hal ini bisa bermanfaat bagi seorang penderita alergi lingkungan dan asma.



Risiko dan Efek Samping Ac Bagi Kesehatan

Efek kekeringan pada kulit

Menghabiskan berjam-jam di lingkungan ber-AC dapat menyebabkan kekeringan dan iritasi pada selaput lendir. Kulit juga bisa kehilangan kelembaban alaminya dan bisa menjadi kering, sensitif.


Tips: Sediakan mangkok berisi air dimeja Anda, jika harus bekerja seharian diruang berAC, atau gunakan pelembab.

Memperburuk Penyakit Pernafasan

Perubahan mendadak pada suhu dan kelembaban bisa  memperburuk gejala beberapa penyakit pernapasan. Masalah ini sebagian besar dapat dihindari dengan menetapkan ke suhu yang lebih tinggi, kemudian secara bertahap dikurangi ke tingkat suhu lebih rendah.

Alergi dan Infeksi Saluran Pernapasan

Paparan berlebihan udara dingin dari AC dapat menyebabkan masalah sinus, pilek, sakit tenggorokan, serta gejala flu lainnya. Beberapa AC tidak bisa melembabkan udara, namun bisa  menyebabkan udara menjadi sangat kering. Udara kering tersebut dapat menyebabkan iritasi pada lapisan mulut dan hidung.

Filter udara bisa menjadi kotor jika AC tidak dibersihkan secara teratur. Filter udara tersebut dapat menjadi tempat berkumpulnya debu, serbuk sari, bakteri, yang akan disirkulasikan kembali dalam ruangan. Hal ini dapat meningkatkan resiko infeksi saluran pernapasan, selain itu justru malah menimbulkan masalah bagi alergi dan pasien asma.

Sick building syndrome

Sick building syndrome lebih sering terlihat pada bangunan dengan sistem pendingin udara, tetapi bangunan tersebut tidak memiliki ventilasi yang tepat. Bangunan dimana orang sering mengalami gejala seperti kesulitan bernapas, iritasi pada kulit dan selaput lendir, sakit kepala, dan kelelahan berlebihan, yang secara kolektif disebut dengan “Sick building syndrome”. Hal ini diyakini bahwa sindrom aneh ini mungkin disebabkan oleh jamur dan mikro organisme lainnya, jamur atau mikro organisme tersirkulasi memalui pendingin udara lalu udara terssebut kita hirup dalam jangka waktu lama.

Penyakit Legionnaire

Penyakit Legionnaires  adalah jenis pneumonia, penyakit ini disebabkan oleh bakteri legionella pneumophila. Salah satu masalah utama pada kesehatan terkait dengan AC adalah bahwa air hangat pada sistem AC sentral (terutama di hotel dan rumah sakit) bisa menjadi tempat berkumpulnya bakteri ini. Gejala paling umum dari penyakit ini adalah batuk, nyeri tubuh, demam tinggi dan menggigil, kelelahan, serta sakit kepala. Jika tidak diobati tepat pada waktunya, penyakit legioner ini dapat menyebabkan komplikasi dan bisa membahayakan jiwa.

Berat Badan

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh biostatisticians di University of Alabama di Birmingham mengamati bahwa AC dapat menyebabkan peningkatan berat badan. Menurut studi ini, ketika kita menggunakan AC untuk menjaga suhu rumah yang konstan, maka tubuh kita tidak lagi perlu mengeluarkan energi atau membakar kalori untuk menyesuaikan diri dengan perubahan suhu lingkungan. Hal ini pada akhirnya dapat menyebabkan kenaikan berat badan. jadi bagi pengguna Ac baiknya lebih rajin olah raga.

Tidak ramah lingkungan

Kebanyakan AC menggunakan freon atau CFC, yang diketahui bisa menyebabkan penipisan lapisan ozon. Namun, AC generasi baru dikenal sudah bisa meminimalkan dampak ini, sehingga tidak terlalu berdampak pada iklim.

Lalu apa solusi untuk megurangi resiko kesehatan dari Ac ?

Satu-satunya cara untuk mengurangi efek samping atau risiko terkait penggunaan AC adalah dengan membersihkan secara berkala. AC kotor bisa menyebarkan debu dan mikroorganisme hingga terperangkap dari udara. Selain filter, talang pembuangan ac dan kumparan pendingin juga bisa menjadi tempat bersarang kuman dan polutan. Jadi, pastikan untuk selalu menjaga bagian-bagian dari AC Anda bersih. Secara umum, AC portable lebih mudah untuk dibersihkan dan dirawat daripada sistem pendingin udara mahal. Sistem pendingin udara dengan saluran tersembunyi dan berada ditempat susah/tidak terjangkau memerlukan pembersihan oleh profesional secara berkala, untuk meminimalkan risiko bagi penggunaannya.

Untuk jasa service atau perbaikan Ac silahkan hubungin : 081281786327 atau baca Service Ac Jakarta Selatan

Artikel lain :

3 comments for "Kelebihan Dan Kekurangan Ac bagi Kesehatan"

Unknown June 9, 2016 at 10:29 PM Delete Comment
Bagus gan artikelnya
PELITA June 10, 2016 at 3:49 PM Delete Comment
trimakasih
Unknown June 10, 2016 at 4:41 PM Delete Comment
bagus gan artikelnya