Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kode Error Ac Panasonic Inverter


Seperti yang telah kita rasakan, perkembangan serta kemajuan perangakat electronic begitu cepat, sehingga semakin memudahkan konsumen ketika memiliki perangkat electrinic tersebut. Salah satu perkembangan yang semakin memudahkan penggunanya adalah pada perangkat Air Conditioning (Ac).

Selain dilengkapi dengan fitur - fitur menarik yang dapat memanjakan pemiliknya, pada umumnya pada Ac tipe terbaru telah disematkan sistem deteksi kerusakan, sehingga Anda sebagai pengguna Ac bisa mengetahui trouble pada Ac milik Anda.

Cara pengecekannya juga cukup sederhana, Anda bisa melakukan scaning mencari kode kerusakan (kode erro) melalui remot Ac tersebut. Jadi remot Ac selain untuk menyalakan dan mengaktifkan fitur- fitur pada Ac, juga bisa digunakan untuk mencari kode error pada Ac. Ini juga menjadi salah satu bukti makin canggihnya peralatan electronic jaman sekarang.

Permasalahan yang terjadi pada AC Panasonic inverter dapat diketahui dengan cara menggunakan menggunakan remote kontrol dan mengaktifkan "interrogate mode" yaitu mode untuk membaca catatan kerusakan pada mikrokontroler. Cara menggunakan remote kontrol dijelaskan pada langkah-langkah berikut ini :

1. Hidupkan unit AC dengan menekan tombol ON/OFF dan tunggu beberapa saat.

2. Masuk ke mode interrogate dengan cara menekan tombol TIMER UP atau tekan tombol check sekitar 5 detik.


3. Jika kode H_ _ atau H11 muncul pada display, maka mode interrogate sudah aktif.

4. Cara mendeteksi kerusakan dengan menekan tombol TIMER UP atau TIMER DOWN, maka kode pada display akan berubah. Jika terdengar suara BEEP beberapa kali, hentikan menekan tombol dan lihat kode pada display.

Pada display akan ditampilkan kode kerusakan yang harus kita artikan sendiri. Dibawah dijelaskan maksud dari kode kerusakan (kode error) AC panasonic inverter.

Setelah langkah tersebut anda lakukan, kemudian cocokkan dengan daftar kode error Panasonic Inverter (Untuk Single CSE, CSXE, dan multi CSME):

Arti Kode Error Ac Panasonic Inverter

Kode Error H11 Kode ini berarti Communication Failure

Kode ini merupakan indikasi adanya kerusakan berupa kegagalan komunikasi antara unit indoor dengan unit outdoor.

Kode Error H12 Kode ini berarti ID/OD Compatibility Problem

Kode ini merupakan indikasi adanya penggunaan arus listrik berlebih atau kurang dari standar pada sistem multi yang diindeks.

Kode Error H14 Kode ini berarti Indoor Air Sensor Faulty

Kode ini merupakan indikasi adanya kerusakan pada sensor udara unit indoor berupa sensor putus, rusak (terbakar), atau konektor sensor yang kotor.

Kode Error H15  Kode ini berarti Compressor Sensor Faulty

Kode ini merupakan indikasi adanya kerusakan pada sensor kompresor berupa sensor putus, rusak (terbakar), atau konektor sensor yang kotor.

Kode Error H16 Kode ini berarti Current Transformer Problem

Kode ini mengindikasikan adanya kerusakan pada transformator, power transistor pada modul, dan kerusakan modul baik indoor maupun outdoor.

Kode Error H19 Kode ini berarti Indoor Fan Motor Locked

Kode ini muncul apabila ada indikasi kerusakan pada motor fan indoor (blower) baik itu terbakar, macet, ataupun tidak bisa start yang menyebabkan motor fan indoor (blower) tidak berputar.

Kode Error H21 Kode ini berarti Float Switch Operated

Kode ini muncul saat adanya genangan air kondensasi yang terdapat pada unit indoor. Periksa apakah saluran air (drainase) pada unit indoor bermasalah.

Kode Error H23 - Kode ini berarti Indoor Pipe Sensor Faulty

Kode ini merupakan indikasi adanya kerusakan pada sensor suhu pipa evaporator berupa sensor putus, rusak (terbakar), atau konektor sensor yang kotor.

Error H27 - Kode ini berarti Outdoor Air Sensor Faulty

Kode ini merupakan indikasi adanya kerusakan pada sensor udara pada unit outdoor berupa sensor putus, rusak (terbakar), atau konektor sensor yang kotor.




Error H28 - Kode ini berarti Outdoor Pipe Sensor Faulty

Kode ini merupakan indikasi adanya kerusakan pada sensor pipa kondensor (unit outdoor) berupa sensor putus, rusak (terbakar), atau konektor sensor yang kotor

Error H30 - Kode ini berarti Outdoor Discharge Sensor 1 Faulty

Kode ini merupakan indikasi adanya kerusakan pada sensor 1 unit outdoor berupa sensor putus, rusak (terbakar), atau konektor sensor yang kotor.

Error H32 - Kode ini berarti Outdoor Discharge Sensor 2 Faulty

Kode ini merupakan indikasi adanya kerusakan pada sensor 2 unit outdoor berupa sensor putus, rusak (terbakar), atau konektor sensor yang kotor

Error H33 - Kode ini berarti Incorrect Connection Voltage

unit outdoor berupa tidak adanya tegangan listrik ataupun kesalahan instalasi kelistrikan.

Error H34 - Kode ini berarti Outdoor Heat Sink Sensor Faulty

Kode ini merupakan indikasi adanya kerusakan pada sensor pelepas panas (pendingin) berupa sensor putus, rusak (terbakar), atau konektor sensor yang kotor

Error H36 - Kode ini berarti Outdoor Gas Sensor Faulty

Kode ini merupakan indikasi adanya kerusakan pada sensor gas unit outdoor berupa sensor putus, rusak (terbakar), atau konektor sensor yang kotor

Kode Error H37 - Kode ini berarti Outdoor Liquid Sensor Faulty

Kode ini merupakan indikasi adanya kerusakan pada sensor cairan unit outdoor berupa sensor putus, rusak (terbakar), atau konektor sensor yang kotor

Kode H39 - Kode ini berarti Abnormal Indoor Operation

Kode ini merupakan indikasi adanya kerja unit indoor yang bermasalah berupa kesalahan instalasi pemipaan atau kerja ekspansi bermasalah.

Kode H41 - Kode ini berarti Abnormal Wiring or Piping

Kode ini akan muncul apabila terjadi permasalahan kerja unit kelistrikan atau pemipaan yang bermasalah berupa kesalahan instalasi kelistrikan atau pemipaan pada sistem twin (ganda).

Kode H97 - Kode ini berarti Outdoor Fan Failure

Kode ini merupakan indikasi adanya kerja fan outdoor bermasalah berupa kerusakan unit fan outdoor, kesalahan instalasi kelistrikan, atau kerusakan pada PCB/Modul sehingga fan outdoor tidak dapat bekerja.

Kode H98 - Kode ini berarti Indoor Coil Overheat (Heat Mode)

Kode ini merupakan indikasi adanya kerja fan outdoor bermasalah berupa kerusakan unit fan outdoor, kesalahan instalasi kelistrikan, atau kerusakan pada PCB/Modul sehingga fan outdoor tidak dapat bekerja.

Kode Error H99 - Kode ini berarti Indoor Coil De-Ice (Cool Mode)

Kode ini merupakan indikasi adanya kotoran pada filter indoor, terjadi blok es pada evaporator, isi refrigerant terlalu sedikit, atau suhu ruangan yang terlalu dingin.

Kode Error F11 - Kode ini berarti Reversing Valve Failure

Kode ini merupakan indikasi adanya permasalahan pada reversing valve, kondensor, atau PCB outdoor.

Kode Error F17 - Kode ini berarti Standby Units Freezing

Kode ini merupakan indikasi adanya bagian unit pendingin yang membeku pada sistem pendingin. Pada sistem multi, permasalah dapat terjadi karena adanya kebocoran pada katup ekspansi.

Kode Error F90 - Kode ini berarti PFC Failure

Kode ini merupakan indikasi adanya kerusakan unit inverter pada PCB unit outdoor atau kerusakan pada kompresor.

Kode Error F91 - Kode ini berarti Refrigeration Cycle Problem.

Kode ini merupakan indikasi adanya permasalahan berupa isi refrigerant yang kurang atau adanya penyumbatan pada sistem.

Kode Error F93 - Kode ini berarti Compressor Abnormal Revolution

Kode ini merupakan indikasi adanya ketidaknormalan ke


Kode Error F95 - Kode ini berarti Outdoor Coil Overheat (Cool Mode)

Kode ini merupakan indikasi adanya permasalahan karena suhu kondensor terlalu tinggi yang bisa diakibatkan karena kondensor kotor, isi refrigerant kurang, atau terjadi penyumbatan.

Kode Error F96 - Kode ini berarti IPM or Compressor Overheating

Kode ini merupakan indikasi adanya panas berlebih pada kompresor. Hal ini bisa diakibatkan oleh kelebihan refrigerant, kekurangan refrigerant, atau terlalu banyak kotoran pada kondensor.

Kode Error F97 - Kode ini berarti High Discharge/Compressor Temp

Kode ini merupakan indikasi adanya kelebihan panas pada saluran discharge kompresor yang disebabkan kekurangan refrigerant atau adanya kegagalan kerja kompresor.

Kode Error F98 - Kode ini berarti Overcurrent Protection.

Kode ini merupakan indikasi adanya kelebihan arus yang diakibatkan karena permasalah pada kondensor atau akibat kelebihan refrigerant.

Kode Error F99 - Kode ini berarti DC Overcurrent Protection.

Kode ini merupakan indikasi adanya kelebihan arus DC yang diakibatkan karena kerusakan PCB outdoor, power transistor, atau kegagalan kerja kompresor.

Itulah tadi kode error Ac Panasonic Inverter yang dapat kami jelaskan. Bila ada kode yang tidak terdapat pada artikel ini, mungkin Ac Anda beda tipe.

Jika mengalami kesulitan dalam memgecek atau memperbaiki kerusakan pada Ac milik Anda, silahkan hubungi service center terdekat atau memanggil Jasa Service Ac yang ada diwilayah Anda.

Terimakasih semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Post a Comment for "Kode Error Ac Panasonic Inverter"