Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 cara reset remot ac samsung dari F (fahrenheit) ke C (celcius)


Seperti yang telah kita ketahui bersama remot ac merupakan salah satu komponen atau bagian penting dari unit Ac. Walaupun sebenarnya tanpa remot Ac masih bisa dinyalakan secara manual namun tetap saja kurang efektif dan cenderung ribet.

Posisi unit indor yang tinggi membuat membuat tombol manual sulit di jangkauan. Selain itu pada model Ac saat ini untuk mengaktifkan Ac secara manual pemilik juga harus dengan harus membuka cover Ac.
Selain susah dijangkau Anda juga tidak dapat mengaktifkan fitur - fitur yang ada pada Ac melalui tombol manual.

Remot Ac juga berungsi untuk mengaktifkan fitur - fitur bawaan pada Ac, dengan remot Ac Anda dapat mengatur suhu/temperatur ruangan, kecepatan Fan, tinggi rendahnya swing, serta fitur - fitur tambahan lain yang ada pada Ac milik Anda. Dan semua fitur yang ada pada Ac hanya dapat diaktifkan melalui remot.

Selain untuk mematikan/menyalkan Ac, serta mengaktifkan fitur yang ada pada Ac remot pada Ac juga telah mengalami perkembangan secara signifikan. Bukan hanya sekedar menjadi alat mengontrol Ac denga jarak jauh, remot Ac juga bisa berfungsi sebagai alat pengecek kerusakan pada Ac bila Ac mengalami masalah.

Artikel kami kali ini berkaitan dengan penanganan permasalahan pada Ac Samsung, tepatnya pada remot Ac samsung. Permasalahan pada remot Ac samsung bisa terjadi karena beberapa faktor diantaranya salah pencet yang mengakibatkan setingan pada Ac remot berubah, bisa juga dikarenakan sirkuit pada PCB remot kotor, sehingga menjadi error.

Salah satu masalah yang sering terjadi pada remot ac samsung adalah perubahan tampilan satuan suhu pada layar remot. Pada umumnya satuan suhu pada remot ac menggunakan satuan Celcius ( C ), tetapi bisa juga menggunakan satuan Farenhet ( F ).

Perubahan dari Celcius ( C ) ke Farenhet ( F ) bisa terjadi karena ketidak sengajaan saat menekan tombol remot sehingga membuat setingan remot berubah, tetapi perubahan ini juga bisa sebagai indikasi adanya permasalahan pada remot Ac Anda.

Jika perubahan ini terjadi karena adanya masalah pada remot maka akan mengakibatkan remot tidak dapat berfungsi dengan baik, misalnya Anda tidak dapat mengatur kecepatan Fan, tombol on - off kadang berfungsing kadang tidak.

Permasalahan seperti yang telah kami tulis diatas umumnya masih bisa diperbaiki dengan cara mengatur ulang setingan pada remot, jadi Anda tidak perlu buru - buru beli remot baru.

Cara mengatasinya adalah dengan mereset atau mengatur ulang setelan remot, dengan merubah kembali dari satuan Farenhet ( F ) ke satuan Celcius ( C ).

Lalu bagaimana cara mengatasinya ?

Ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk merubah atau mereset kembali remot Ac Samsung milik Anda agar kembali pada setingan awal. Berikut ini cara merubah Setingan remot Ac samsung dari F ke C.

Cara Merubah Tampilan Remot Ac Samsung Dari F ke C.


1. Cara yang pertama adalah dengan menekan tombol F to C selama tiga detik.

Pada AC Samsung, beberapa remote AC pada tipe tertentu sudah menyediakan tombol yang menunjukkan F to C 3 second ( tiga detik). Letak dari tombol ini biasanya ada pada bagian bawah remot, dan jika remote AC Samsung anda memilikinya maka anda cukup menekan tombol tersebut selama lebih dari 3 detik, sebagai cara merubah fahrenheit ke celcius di remote AC Samsung.

2. Cara yang ke Dua adalah dengan menekan dan tahan tombol TIMER 🔻 selama 10 detik, tampilan suhu pada remote akan otomatis berubah dari C menjadi F.

3. Cara ke tiga ini sangat sederhana Anda hanya perlu menekan tombol good sleep sebanyak 8x tampilan suhu F akan berubah kembali pada suhu C.

4. Cara ke empat tekan tombol Auto + Off secara bersamaan lalu tahan ke dua tombol tersebut salama 3 detik

5. Cara ke lima menggunakan Tombol Temperatur.
Cara merubah suhu fahrenheit ke celcius pada remote AC Samsung juga bisa mengandalkan tombol temperatur, yang disingkat dengan nama temp pada remote. Anda akan menemukan tombol panah ke atas dan ke bawah atau minum (-) dan plus (+). Cara merubah remot AC Samsung dari fahrenheit ke celcius adalah dengan menekannya secara bersamaan ke dua tombol tersebut dalam waktu beberapa detik.

6.  Cara ke enam menggunakan tombol Timer. 
Tombol Timer pada remote Ac tidak hanya berfungsi mengatur jadwal ac mati atau hidup ketika fitur timer Anda aktifkan, tetapi juga dapat digunakan untul mereset setelan Ac samsung Dari F ke C. Caranya yaitu tekan serta tahan tombol timer tersebut selama kurang lebih 10 detik, hingga tampilan suhu pada remote akan secara otomatis berubah.

Selain mengubah tampilan suhu AC Samsung dari fahrenheit ke celcius, dengan menekan dan menahan tombol timer selama 10 detik juga bisa anda lakukan apabila ingin mengubah suhu dari celcius menjadi fahrenheit. Langkahnya pun tidak berbeda.

7. Cara ke tujuh adalah memanfaatkan Tombol Mode.
Untuk menggunakan cara ini Anda harus menekan Tombol Mode dan tombol suhu minus (-) pada temp remot. Tekan dan tahan kedua tombol tersebut secara bersamaan selama beberapa detik. Maka cara merubah suhu fahrenheit ke celcius di remote AC Samsung sudah berhasil dilakukan.

Cara cara yang telah disebutkan di atas seharusnya sudah dapat mengembalikan tampilan suhu dari fahrenheit menjadi celcius di layar remote control. Selain pada remote control AC Samsung, beberapa cara ini mungkin juga bisa anda gunakan pada remote control merek AC lainnya. Terapkan dan lihat bagaimana hasilnya.

Itulah cara sederhana dalam merubah setingan atau tampilan suhu F pada Ac samsung agar kembali pada tampilan suhu C. Namun apabila cara - cara diatas ternyata tudak juga berhasil merubah F ke C kami masih ada satu cara lagi.

Cara terakhir ini cukup sulit tapi tingkat keberhasilnya hampir 100%, bukan hanya kami sendiri beberapa orang juga sudah mempraktekanya dan hasilnya juga berhasil

Caranya adalah dengan membuka tutup/cover remot, Anda bisa menggunakan tespen untuk mencongkel saat hedak membuka remot. Sebelum membuka remot lepas batre dan pastikan apakah ada bautnya atau tidak.

Setelah remot terbuka kemudian bersihkan PCB remot dengan menggunakan minyak kayu putih, bersihkan dengan kain yang halus agar jalur pada PCB tidak rusak.

Jika dirasa sudah bersih, kemudian keringkan lalu pasang kembali remot dan batrenya. Saat semua komponen sudah terpasang, remot akan kembali seperti setelan pabrik. Satuan suhu F juga otomati berubah menjadi C.

Nahh itulah  cara untuk merubah setingan remot Ac samsung dari F ke C.

Jika cara terakhir tetap tidak berhasil kemungkinan besar remot Ac milik Anda sudah rusak.

Kesimpulan dari uraian diatas adalah permasalah perubahan tampilan suhu dari C ke F, bisa terjadi karena faktor ketidaksengajaan (salah tekan tombol) dan bisa juga dikarenakan sirkuit (jalur) pada PCB remot kotor.

Sekian tips dari kami mengenai cara mengembalikan setingan remot Ac Samsung dari F (Fahrenheit ) ke C (Celcius). Semoga dapat membantu Anda.


Post a Comment for "7 cara reset remot ac samsung dari F (fahrenheit) ke C (celcius)"