Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Kerja Ac Rumah Dengan Ac Mobil (split)


Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang perbedaan antara Ac rumah dengan Ac mobil. Kedua peralatan tersebut sebernarnya mempunyai tujuan yang sama, yaitu menciptakan udara sejuk atau dingin pada masing masing - ruangan, serta memiliki beberapa kimponen yang sama pula.

Lalu apakah itu berarti Ac rumah dan Ac mobil sama, tentu saja tidak 100% sama, ada beberapa komponen, serta beberapa siatem kerja yang berbeda. Misalnya :

- Kompresor pada Ac Mobil bekerja digerakkan oleh fanbelt yang berputar dari pulley mesin, sementara kompresor Ac rumah bekerja dengan daya listrik.

- AC rumahan/kantor menggunakan pipa tembaga sebagai alat sirkulasi freon, sementara Ac mobil menggunakan selang flexible.

Untuk lebih lengkapnya baca artikel ini sampai selesai.

Sebelum membahas cara kerja Ac mobil, baiknya kita terlebihdahulu tau komponen komponen Ac mobil agar kita mudah memahaminya.

Pengoperasian sistem pendingin udara mobil tergantung pada beberapa komponen ini. Dan setiap komponen AC mobil juga memiliki fungsinya masing-masing serta wajib di Service. Agar Semuanya bekerja secara sinergis dalam sistem pendingin udara mobil dan menciptakan kesejukan di dalam kabin. Berikut adalah beberapa komponen yang perlu Anda ketahui tentang sistem pendingin udara mobil Anda.

Kompresor - Kompresor merupakan bagian terpenting dari AC mobil. Komponen ini berfungsi untuk mengeluarkan Freon ke dalam AC mobil.

Kondensor - Kondensor pada AC mobil yang tugasnya mengubah gas freon menjadi bentuk cair. Selain mengubah freon menjadi cairan, kondensor juga menyaring partikel kotoran dari AC mobil. Secara rinci, kondensor AC mobil memindahkan panas dari Freon ke udara luar. Di sirkuit, Freon harus bekerja sistem melalui beberapa inti serta heat sink. Kemudian, di antara inti, udara akan membawa suhu tinggi.

Receiver Dryer - Fungsi dari receiver dryer pada AC mobil adalah menyaring kotoran yang secara tidak sengaja masuk ke sistem AC. Alat ini akan menyaring semua kotoran yang masuk. Pengering juga dikenal sebagai filter pada komponen AC otomotif.

Cara Kerja AC mobil

Ketika AC dinyalakan, freon akan dipompa oleh sebuah kompresor. Kekuatan kompresor memompa inilah yang menentukan kecepatan dari AC untuk mendinginkan kabin mobil. Freon yang dalam bentuk gas dipompa dengan tekanan tinggi sehingga suhunya mencapai 100 derajat celcius.

Setelah mencapai suhu tersebut, barulah freon berubah menjadi bentuk cair yang kemudian dialirkan menuju kondensor. Di dalam kondensor inilah freon didinginkan mencapai suhu 60 derajat celcius. Komponen yang berperan mendinginkan ini adalah cooling fan.

Setelah suhunya tidak terlalu panas, freon cair tersebut kemudian disaring menggunakan filter dryer. Proses penyaringan inilah yang membuat udara AC menjadi lebih dingin dan segar.

Setelah melalui proses penyaringan, freon cair tersebut dialirkan ke expansion valve. Komponen ini bertugas untuk merubah freon cair menjadi bentuk gas atau uap. Di waktu yang sama freon juga diturunkan tekanannya oleh expansi valve.

Freon yang telah berubah wujud menjadi uap tersebut kemudian dialirkan ke evaporator. Baru setelah itu freon uap tersebut dialirkan ke kabin dengan bantuan blower. Blower ini cara kerjanya sama dengan kipas angin yakni bertugas mengalirkan udara ke seluruh ruangan.

Di waktu uap disemprotkan, kompresor kembali menghisap tekanan freon. Tekanan freon ini kemudian dipompa kembali hingga menjadi bertekanan tinggi atau panas. Dan setelah itu mengulangi proses dari awal hingga akhir selama AC mobil menyala.


AC Rumah

Untuk Ac rumah sendiri terdapat beberapa jenis Ac rumah antaralain : AC Split Wall, Ac cassete, AC duct yang menggunakan serangkaian saluran dan ventilasi untuk memberikan pendinginan untuk seluruh rumah. Bahkan untuk Ac split sendiri terdapat dua jeni yaitu singgel split dan multi split. Dalam hal ini, pemilik rumah membeli banyak jenis AC berdasarkan kebutuhan spesifik mereka.

Unit indoor AC rumah terletak di kamar atau area bagian dalam rumah berfungsi mengalirkan udara dingin keseluruh ruangan dan unit outdoor atau kompresor posisinya terletak di luar rumah mengalirkan udara terkompresi dan disaring ke unit AC, juga membuang udara panas melalui motor fan outdor. 

Fungsi AC rumah

Fungsi utama AC adalah untuk mengatur suhu atau temperatur suatu ruangan sesuai yang di inginkan. Suhu yang diinginkan dapat diatur menggunakan remote. Biasanya, AC memiliki suhu minimum antara 18°C sampai 16°C bahkan ada yang sampai 14°C dan maksimum sekitar 30°C.

Cara Kerja Ac Rumah/split

1. Cara kerja Ac pada bagian Indor

Pada bagian Indoor Ac split(rumah) terdapat 5 unit komponen utama yaitu evapoorator, motor fan/kipas indoor, Digital control, sensor suhu serta filter udara

- Digital Control berfungsi untuk merubah arus listrik dari arus AC ke DC, juga sebagai control tempat mengatur berbagai fitur yang ada pada Ac, serta sebagai pengatur sisitem kerja Ac.

- Evaporator terbuat dari bahan tembaga atau alumunium dengan panjang serta diameter tertentu yang dibentuk berlekuk - lekuk agar lebih efektif oada saat menyerap udara panas yang melewatinya. Ketika Ac bekerja Evaporator akan dilewati oleh freon/Refrigeran dengan suhu yang sangat rendah, suhu rendah tersebut akan mendinginkan udara yang tersedot oleh putaran kipas, kemudian dihembuskan keruangan.

Kipa atau motor fan indoor seperti penjelasan diatas,fungsi motor fan ini untuk menghembuskan udara dingi keseluruh ruangan, motor fan akan terus bekerja selama Ac menyala.

Sistem kerja tersebut akan terus berlangsung hingga suhu ruangan tercapai sesuai pada setingan remot.

Jika pada penjelasan diatas kita telah mengetahui fungsi dari evaporator dan kipas/blower indoor lalu apa fungsi dari sensor suhu atau thermistor.


Thermistor (termis) adalah sebuah alat pada Ac yang berfungsi sebagai pengatur suhu/temperatur ruangan. Thermistor terbuat dari bahan semi konduktor dan memiliki berbagai bentuk.

Pada Ac split Thermistor biasanya berbentuk kapsul dengan warna hitam,kuning atau silver dan tersambung dengan dua buah kabel. Pada Ac split biasanya terdapat 2 termistor, satu thermistor terpasang pada evaporator sedang yang satunya terpasang pada pipa pipa evaporator. Thermistor pada pipa evaporator berfungsi mengukur suhu pipa evaporator sedangkan yang lain berfungsi sebagai pengukur suhu ruangan.

Selain untuk mengukur suhu ruangan fungsi dari Thermistor adalah untuk memutus arus listrik pada outdoor unit.

Jadi apabila suhu/temperatur ruangan sudah sesuai dengan setting remot maka secara otomatis mesin outdoor akan berhenti bekerja, hal itu terjadi karena Thermistor memutus arus listrik pada outdoor unit. Pemutusan arus hanya terjadi pada outdoor unit, jadi indor unit tetap bekerja/nyala.

Filter udara/saringan udara fungsinya adalah untuk menyaring debu atau kotoran yang terdapat pada udara dalam ruangan, sebelum masuk melewati evapoorator udara akan terlebih dahulu melewati filter. Jadi ketik udara dingin dihembuskan sudah salam keadaan bersih dari debu. Untuk menjaga agar filter bekerja maksimal dalam menyaring debu, baiknya filter dibersikah 2 minggu sekali, agar kotoran tidak bertumpuk terlalu banyak.

2. Cara kerja Ac rumah pada bagian outdoor


Pada bagian outdoor terdapat enam komponen utama antaralin Kompresor,Kondensor saringan refrigerant (strainer) Pipa kapiler, Fan outdoor.

Kompresor berfungsi sebagai pusat sirkulasi gas pendingin (refrigerant), dari kompresor refrigerant akan disikulasikan menuju indoor Ac. Tetapi sebelum sampai ke indoor terlebih dahulu melalui kondensor dan pipa kapiler baru kemudian masuk ke evapoorator. Refrigeran akan terus menerus mengalir melalui komponen - komponen tersebut. Ketika Refrigeran keluar melalui evapoorator panas udara yang terbawa akan dilepaskan pada bagian kondensor.

Samahalnya dengan evapoorator, kondensor juga terbuat dari pipa tembaga/alumunium yang dibuat berkelok - kelok, dilengkapi dengan sirip - sirip agarvoeleoasan panas pada udara lebih efektif.

Nahh itulah cara kerja Ac mobil dan Ac spilt. Jika ada kesalahan atau kekurangan pada tulisan ini, silahkan berikan masukan melalui kolom komentar. Terimakasih.

Post a Comment for "Cara Kerja Ac Rumah Dengan Ac Mobil (split)"